Selasa, 11 Februari 2014

komunikasi pemasaran perpustakaan


KOMUNIKASI PEMASARAN
Untuk bisa berkomunikasi secara efektif, perusahaan-perusahaan membayar biro iklan untuk merancang iklan yang efektif. Perusahaan modern mengelola suatu sistem komunikasi pemasaran yang kompleks. Perusahaan itu berkomunikasi dengan perantaranya, dengan konsumennya dan dengan masyarakat luas.
Bauran komunikasi pemasaran terdiri dari 4 alat utama :
1.      Iklan : semua bentuk penyajian non-personal, promosi ide-ide, produksi barang atau jasa yang dilakukan oleh sponsor tertentu yang dibayar.
2.      Promosi penjualan : insentif jangka pendek untuk merangsang pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa.
3.      Publisitas : suatu stimulasi non-personal terhadap permintaan produk, jasa atau unit dagang dengan menyebarkan berita-berita komersial yang penting mengenai kebutuhan akan produk tertentu disuatu media.
4.      Penjualan pribadi : penyajian lisan dalam suatu pembicaraan dengan satu atau beberapa pembeli potensial dengan tujuan untuk melakukan penjualan.

Beberapa alat komunikasi :
1.      Iklan : iklan cetak dan radio, katalog, film, majalah, brosur, papan iklan, dll.
2.      Promosi dagang : hadiah, pameran, pembagian kupon, diskon, penjualan obral, dll.
3.      Publisitas : pers, pidato, seminar, hubungan masyarakat, dll.
4.      Penjualan pribadi : presentasi penjualan, pertemuan penjualan, pameran dagang.

Proses Komunikasi
§  Pengirim
§  Penulisan dalam bentuk sandi (encoding) : proses pengungkapan pendapat dalam bentuk simbolik
§  Pesan : serangkaian simbol yang dikirim oleh pengirim
§  Media : saluran komunikasi yang dipakai untuk menyampaikan pesan.
§  Pembacaan sandi (decosing) : proses ketika penerima mengartikan simbol.
§  Penerima : pihak yang menerima pesan
§  Tanggapan : reaksi dari penerima setelah melihat pesan.
§  Umpan balik : bagian dari tanggapan penerima bahwa penerima itu mengkomunikasikan kembali kepada pengirim
§  Gangguan : gangguan yang tak terduga selama proses komunikasi mengakibatkan penerima memperoleh pesan yang berbeda dari yang dikirim oleh penerima.
Langkah-langkah pengembangan komunikasi yang efektif :
Langkah-langkah pokok dalam mengembangkan suatu komunikasi yang menyeluruh dan program promosi. Komunikator pemasaran harus :
1.      mengidentifikasi khalayak sasaran (targety audience).
2.      Menentukan tujuan komunikasi
3.      Merangsang pesan
4.      Menyeleksi saluran-saluran komunikasi
5.      Menetapkan jumlah anggran promosi
6.      Memilih bauran promosi
7.      Mengukur hasil-hasil promosi
8.      Mengelola dan mengkoordinasi proses komunikasi pemasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar