KOMUNIKASI PEMASARAN
Untuk
bisa berkomunikasi secara efektif, perusahaan-perusahaan membayar biro iklan
untuk merancang iklan yang efektif. Perusahaan modern mengelola suatu sistem
komunikasi pemasaran yang kompleks. Perusahaan itu berkomunikasi dengan perantaranya,
dengan konsumennya dan dengan masyarakat luas.
Bauran
komunikasi pemasaran terdiri dari 4 alat utama :
1. Iklan
: semua bentuk penyajian non-personal, promosi ide-ide, produksi barang atau
jasa yang dilakukan oleh sponsor tertentu yang dibayar.
2. Promosi
penjualan : insentif jangka pendek untuk merangsang pembelian atau penjualan
suatu produk atau jasa.
3. Publisitas
: suatu stimulasi non-personal terhadap permintaan produk, jasa atau unit
dagang dengan menyebarkan berita-berita komersial yang penting mengenai
kebutuhan akan produk tertentu disuatu media.
4. Penjualan
pribadi : penyajian lisan dalam suatu pembicaraan dengan satu atau beberapa
pembeli potensial dengan tujuan untuk melakukan penjualan.
Beberapa alat komunikasi :
1. Iklan
: iklan cetak dan radio, katalog, film, majalah, brosur, papan iklan, dll.
2. Promosi
dagang : hadiah, pameran, pembagian kupon, diskon, penjualan obral, dll.
3. Publisitas
: pers, pidato, seminar, hubungan masyarakat, dll.
4. Penjualan
pribadi : presentasi penjualan, pertemuan penjualan, pameran dagang.
Proses Komunikasi
§ Pengirim
§ Penulisan
dalam bentuk sandi (encoding) : proses pengungkapan pendapat dalam bentuk
simbolik
§ Pesan
: serangkaian simbol yang dikirim oleh pengirim
§ Media
: saluran komunikasi yang dipakai untuk menyampaikan pesan.
§ Pembacaan
sandi (decosing) : proses ketika penerima mengartikan simbol.
§ Penerima
: pihak yang menerima pesan
§ Tanggapan
: reaksi dari penerima setelah melihat pesan.
§ Umpan
balik : bagian dari tanggapan penerima bahwa penerima itu mengkomunikasikan
kembali kepada pengirim
§ Gangguan
: gangguan yang tak terduga selama proses komunikasi mengakibatkan penerima
memperoleh pesan yang berbeda dari yang dikirim oleh penerima.
Langkah-langkah pengembangan komunikasi yang efektif
:
Langkah-langkah
pokok dalam mengembangkan suatu komunikasi yang menyeluruh dan program promosi.
Komunikator pemasaran harus :
1. mengidentifikasi
khalayak sasaran (targety audience).
2. Menentukan
tujuan komunikasi
3. Merangsang
pesan
4. Menyeleksi
saluran-saluran komunikasi
5. Menetapkan
jumlah anggran promosi
6. Memilih
bauran promosi
7. Mengukur
hasil-hasil promosi
8. Mengelola
dan mengkoordinasi proses komunikasi pemasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar